Yuk, Mengenal Aneka Teknik Memasak.

Dicatat oleh Unknown


PROSES memasak ada beraneka ragam, tergantung bahan apa yang ingin diolah. Bila sudah paham, Anda tentu tak akan ragu untuk mengolah berbagai resep yang ditemui.

Kerap bingung dengan teknik memasak yang ditampilkan pada berbagai resep? Banyak istilah yang khas, yang juga memiliki arti berbeda. Kenali beberapa proses memasak berikut ini:


  • Stewing


Bahan makanan yang dimasak di dalam sedikit cairan atau kaldu yang berasal dari bahan itu sendiri dan dimasak dengan api kecil pada kurun waktu yang lama. Dengan demikian, bumbu atau kandungan rasa tetap terjaga dan makin meresap.

Selain itu, bahan makanan pun menjadi lebih lunak dan tidak kering. Contoh memasak dengan cara ini adalah semur daging.


  • Pan frying


Menggoreng bahan makanan dengan lemak atau minyak menggunakan wajan panas. Namun, tinggi minyak hanya mencapai setengah tinggi bahan dan mengenai sisi bagian bawahnya saja.

Setelah bahan digoreng pada sasu sisi hingga kering dan kecokelatan, balik pada sisi lain yang tidak terkena minyak menggunakan sutil atau penjepit untuk proses yang sama hingga matang. Hasil akhir makanan harus kering, renyah, dan berwarna agak kecokelatan serta tidak terlalu berminyak, seperti chicken cordon bleu, yakni ayam filet berisi daging asap dan keju, dengan atau tanpa panir di luarnya.


  • Deep frying


Menggoreng bahan makanan agar kering dan renyah dalam minyak hingga tercelup sepenuhnya. Misalnya, menggoreng nugget, pisang, atau kacang.


  • Sauteing atau menumis


Menumis memakai saute pan dengan sedikit lemak (minyak, mentega, atau margarin). Saute artinya "lompat" dalam bahasa Prancis.

Jumlah makanan yang dimasak kurang lebih sepertiga bagian atau maksimal setengah bagian menutupi permukaan wajan sehingga masih ada ruang untuk melepaskan uap air yang terkandung dalam bahan makanan.

Karena hasil akhir saute harus kering, caranya miringkan saute pan menjauhi badan hingga makanan menyentuh sisi pan arah pukul 12. Lalu, dengan gerakan cepat, goyangkan saute pan sedikit ke arah dalam sehingga seluruh bahan "berlompatan" dan membalik dengan sendirinya ke tengah pan. Jika kesulitan membalik makanan, gunakan sutil.


  • Simmering


Merebus bahan makanan di dalam cairan banyak yang hampir mendidih, di mana cairan mengeluarkan uap panas dan gelembung-gelembung kecil muncul dengan gerakan cepat di permukaan air.

Teknik ini salah satunya digunakan saat membuat saus dan merebus daging untuk membersihkan kaldu dari kotoran darah saat membuat sup. Daging yang direbus dengan cara ini, pada bagian atasnya akan terdapat kotoran yang mengambang. Kotoran ini harus dibuang agar kaldu menjadi bening.

{ 0 ulasan... read them below or add one }

Posting Komentar