Tiga Trik Mencairkan Makanan Beku dengan Aman

Dicatat oleh Unknown


MENCAIRKAN makanan beku dengan cara yang salah dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Seorang chef sekalipun perlu memastikan bahwa suhu internal makanan tidak mencapai "zona berbahaya". Rentang suhu makanan dimana bakteri mudah berkembang biak adalah pada 4 hingga 60 derajat Celsius. Pada suhu ini, makanan dapat meyebabkan penyakit.

Ingat, jangan pernah mencairkan makanan beku pada suhu ruangan karena ruangan bisa menjadi hangat dengan suhu di atas 4 derajat Celsius. Dengan suhu ini, bagian luar makanan beku sudah mencair tetapi bagian tengah masih beku. Juga, jangan pernah membiarkan makanan yang mudah basi pada suhu ruangan lebih dari dua jam.

Mencairkan makanan bukan hanya mengeluarkan makanan dari freezer. Jadi, coba gunakan salah satu dari tiga metode aman berikut, seperti diulas Hellawella:

Metode kulkas

Letakkan makanan beku yang masih terbungkus ke dalam panci lalu letakkan di rak bawah lemari es dengan jarak agak jauh dari makanan lain. Metode ini akan memakan waktu lama. Untuk jenis makanan utuh, seperti ayam, butuh waktu sekira tiga sampai empat hari untuk mencairkannya di kulkas. Aturan yang benar, yaitu setiap ukuran 1/2 kg makanan beku, waktu untuk mencairkannya antara empat hingga lima jam.

Beberapa bagian di kulkas memiliki suhu lebih dingin dibandingkan dengan daerah lain. Jadi, waktu pencairan juga beragam.

Bahan makanan, seperti daging mentah, daging rebus, unggas, dan makanan laut aman dikomsumsi jika dicairkan dalam waktu satu hingga dua hari sebelum dimasak. Sementara, daging merah seperti daging panggang dari sapi, babi atau domba, iga dan daging steak dicairkan dalam waktu tiga hingga lima hahri. Makanan yang telah dicairkan bisa dibekukan kembali tanpa dimasak, namun kualitasnya akan menurun.

Metode air dingin

Letakkan makanan beku yang masih terbungkus di dalam panci berisi air dingin, dan ganti airnya setiap 30 menit. Pastikan Anda menggunakan wadah antibocor atau kantung plastik sehingga bakteri dari udara tidak masuk ke makanan. Lanjutkan hingga makanan beku mencair dan jangan gunakan air panas. Biasanya, untuk mencairkan makanan beku seberat 1/2 kg memakan waktu 30 menit. Hanya gunakan metode ini jika Anda berencana memasak cepat.

Daging, unggas, atau makanan laut berukuran kecil dengan berat sekira 1,5 kg dapat  mencair dalam waktu satu jam atau kurang. Untuk makanan seberat 1,5 hingga 2 kg biasa memakan waktu dua hingga tiga jam untuk mencair. Bila Anda menggunakan metode ini, makanan yang akan dibekukan kembali harus dimasak terlebih dahulu.

Metode microwave

Periksa waktu dan level daya microwave jika Anda mencairkan makanan dengan metode ini. Selalu balik makanan secara teratur untuk memastikan proses pencairannya merata. Jika Anda menggunakan metode ini, makanan harus segera dimasak. Jika masih akan membekukannya kembali, maka makanan wajib dimasak terlebih dahulu.

Sebenarnya, sebagian besar makanan bisa dimasak saat benar-benar beku. Ini jika Anda tidak punya banyak waktu memasak. Yang perlu Anda lakukan adalah memperpanjang waktu memasaknya dan menggunakan termometer khusus masak untuk menverifikasi bahwa makanan telah matang dengan menggunakan suhu internal yang tepat. Ingat, makanan beku butuh waktu 50 persen lebih lama saat dimasak

{ 2 ulasan... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

terimakasih informasinya :D

kalau ada yg butuh mesin pendingin untuk makanan beku, kami jual chest freezer juga :D silahkan dilihat juga ya :D terimakasih

seravina danniella mengatakan...

terima kasih atas inspirasinya. makanan sehat memang sangat

penting, selain itu perhatikan juga apa alat memasak Anda sudah

sehat?

regards,


oxone

Posting Komentar