Tips Membuat Salad

Dicatat oleh Unknown


SALAD sebagian besar berisi sayuran mentah dengan saus yang creamy. Karenanya, perhatikan kualitas sayuran yang dipilih agar salad nikmat bisa tersaji.

Menu appetizer satu ini punya banyak ragam; beda nama, bahan, dan tampilan pada tiap negara. Indonesia juga memiliki menu mirip salad, sebut saja gado-gado dan karedok, dengan sambal kacang yang gurih dan pedas.

Bila ingin menghadirkan menu salad dalam sajian keluarga, perhatikan tips berikut:

1. Pilih sayuran segar. Sayuran yang segar dan hijau selain bagus untuk disajikan, juga lebih sehat jika dimakan.

2. Basuh sayuran hijau dengan air sebelum disimpan. Bersihkan sayuran dengan air kran yang mengalir. Keringkan dan simpan dalam kantong plastik di dalam lemari es supaya salad segar ketika dimakan.

3. Jangan potong sayuran dengan pisau. Untuk sayuran berdaun hijau, potong dengan tangan. Jangan gunakan pisau karena akan menyebabkan sayuran jadi berwarna kecokelatan.

4. Jangan dimasak terlalu lama. Ada beberapa jenis sayuran yang harus dimasak terlebih dahulu, misalnya jagung manis dan kembang kol. Semuanya jangan dimasak terlalu lama karena bakal menghilangkan kandungan gizi dan mengubah cita rasa aslinya.

5. Rendam apel sebagai bahan salad ke dalam jus atau air lemon. Apel, pisang, dan buah pir selalu berubah warna menjadi kecokelatan tak lama setelah dipotong. Rendam potongan buah tersebut di dalam jus atau air lemon supaya terlihat tetap cantik dalam waktu lama.

{ 0 ulasan... read them below or add one }

Posting Komentar