Kapan Teflon Harus Diganti?

Dicatat oleh salman alfasiri


DENGAN alasan menghemat biaya, kita biasanya masih menggunakan teflon walaupun telah banyak goresan. Tahukah Anda jika satu goresan saja pada teflon, maka Anda harus menggantinya.

"Daya tahan teflon sebenarnya tergantung pada pemakaian. Sebaiknya jangan menggunakan benda tajam agar tidak tergores," kata Nugraha Ali, Sekjen Association of Culinary Professionals Indonesia, ketika dihubungi Okezone, Selasa (8/1/2013).

Lapisan antilengket pada teflon didapat dari zat polytetraflouroethylene. Zat ini jika terkena panas dalam waktu lama akan mengeluarkan zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

Memang, belum ada larangan khusus untuk membuang teflon yang telah tergores. Hanya saja, saat teflon telah tergores hingga terlihat lapisan alumunium, maka sangat disarankan untuk tidak digunakan lagi.

"Saat ini, di restoran manapun sudah tidak digunakan lagi panci atau wajan yang terbuat dari alumunium. Bila terkena panas, alumunium akan mengeluarkan zat kimia berbahaya. Dampaknya memang tidak terlihat saat ini, tapi dalam jangka panjang akan terlihat,"

{ 0 ulasan... read them below or add one }

Poskan Komentar