Rambutan Berlimpah, Dibuat Manisan Saja

Dicatat oleh Unknown


HALO, Bu Sisca. Perkenalkan, saya Mutya (25). Sekarang kan sedang musim rambutan sehingga dimana-mana terlihat penjual rambutan. Beberapa pohon rambutan di kebun saya pun berbuah serentak.

Saya kepikiran, kalau rambutan hanya dimakan begitu saja tentu bosan. Adakah cara lain untuk menikmati rambutan? Terima kasih atas jawaban Ibu.

Mutya-Bogor

Jawab:

Buah rambutan tinggi kandungan air, juga antioksidan dan vitamin C sehingga bagus dikonsumsi. Jenis rambutan sendiri ada rapiah yang memiliki sedikit rambut serta binjai, rambutan yang biasa kita kenal. Dua jenis rambutan ini bisa diolah menjadi manisan.

Caranya, siapkan 500 ml air, campurkan dengan 250 gram gula, tambahkan daun pandan sambil disobek-sobek agar aromanya keluar. Rebus hingga mendidih. Jika sudah, biarkan dahulu. Jangan langsung memasukkan rambutan agar tidak layu.

Perihal rambutan, Anda bisa memilih jenis apapun tergantung selera, bisa tanpa ataupun menggunakan biji ketika merebusnya. Nah, jika air rebusan sudah dingin, masukkan rambutan lalu tutup panci dengan plastik kedap udara. Masukkan ke kulkas.

Manisan rambutan ini sangat enak bila disantap bersama puding cokelat atau sebagai bahan tambahan sop buah. Rambutan menjadi penyegar rasa pada makanan penutup yang Anda buat.

Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner Indonesia (ftr)

{ 0 ulasan... read them below or add one }

Posting Komentar