Empek-empek Palembang

Dicatat oleh Unknown


RESEP:
  1. Adonan I 500 gr ikan tenggiri siap pakai,tarok didalam baskom,tambahkan 75 ml air Dingin, garam dan  telor ,jika pakai telor.(Dengan Catatan,Jika Ikan sudah banyak mengandung air karna beku atau suatu hal,jangan tambahkan lagi air 75 ml,karna akan mempengaruhi Adonan dan jadinya banyak menggunakan Tapioca).
  2. Adonan II6 siung B.putih haluskan,air 400 ml dan 50 gr tepung terigu,campur jadi satu lalu rebus sampai meletup-letup,angkat dinginkan

Setelah adonan II dingin,campur jadi satu antara Adonan I dan Adonan II Kemudian aduk sampai tercampur rata.
setelah tercampur rata Adonan I & II,masukkan  Tepung tapioca sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

Catatan :
Untuk Penggunaan Tapioca tidak bisa di tentukan,kadang kurang dan juga kadang lebih,pokoknya pastikan Adonan seperti diAtas,baru bisa di bentuk dan di Rebus.

Untuk Kapal Selam Besar
Ambil Adonan sebesar Bola Tenis,pipihkan lalu isi dg 1 bh telor utuh yg sudah direbus atau kocok telor seperti mau bikin telor dadar,lalu masukkan kedalam plastik ziploc,isi kedalam Adonan tadi yang sudah dibentuk seperti kantong dan rekatkan satu sama lain.

Kapal Selam Ala Mama Tasya
Untuk kapal selam kecil
Ambil adonan sebesar bola pimpong,pipihkan lalu isi dengan  sesuai selera kita,saya sich kadang pake udang Rebon,kates dan kentang lalu rekatkan satu sama lain.

Untuk Lenjer kecil
Ambil adonan sebesar bola pimpong lalu pulung memanjang.

Lihat Hasilnya

Terakhir setelah semua adonan selesai,rebus dengan air mendidih hingga terapung ,angkat.Mpek-mpek siap di goreng atau dibuat Lenggang.Terserah Anda...!!!!
Hasilnya setelah di Rebus.


Catatan :
  • Empek-empek yang baru direbus,diusahain jangan saling bertindindihan atau pisahkan satu dengan yang lain,karna jika di tumpuk selagi panas,akan mengakibatkan empek-empek saling lengket antara satu dengan yang lain.


Tips :
Bila perlu dan Mau,beri taburan sedikit tepung Tapioca,untuk menghindari empek-empek saling menempel.

Bahan Cuko :
  1. 50 gr asam jawa
  2. 200 gula mmerah sisir
  3. 1 liter air
  4. Garam secukupnya
  5. Blender :
  6. 7 bh Cabe rawit
  7. 10 siung b.Putih
  8. 30 gr udah kering /ebi


Caranya :
Rebus asam jawa ,gula merah bersama 1 liter air,setelah mendidih saring.lalu rebus lagi sampai mendidih masukkan bahan yang sudah dihaluskan tunggu sampai mendidih angkat,cicipi rasanya,Asam,pedas dan Manis.

CARA LAIN :
Untuk buat kapal Selam,Pertama kita buat bulatan sebesar bola Tennis..setelah bulet dibolongin tengahnya..sebelumnya kita taruh telor utuh di mangkok(dipisahin dulu antara kuning dan putih bagus juga).

Setelah dibuat bulatan dan dibolongi taruh kuningnya disana pertama..setelah itu baru kita masukin putihnya...putihnya jgn dimasukin semua klo dia tdk cukup di kepalan tadi..isinya hrs dibawah 1cm biar mudah pas nutupnya..jgn lupa sebelumnya siapin air yang mendidih..langsung deh masukin keair tadi...
kalo untuk pempek telor kecil per 3telor kamu kasih 2sdm terigu..ntar hasilnya gak terlalu sulit diisikan.


{ 0 ulasan... read them below or add one }

Posting Komentar